Anda Harus Ingat 6 Hal Ini Saat Beli Obat Di Apotek

Mengunjungi apotek atau menebus resep obat Anda secara online bisa menjadi tugas biasa yang Anda lakukan sehari-hari, tetapi Anda dapat berbelanja lebih efektif dengan mengingat beberapa hal dalam artikel ini saat Anda membeli obat di apotek 24 jam terpercaya.

Inilah 6 hal yang harus anda ingat saat anda belanja obat di apotek:

1. Bawa resepnya

Mengapa? Anda tahu obat Anda, Anda telah membelinya selama bertahun-tahun. Ingatan Anda mungkin akan mengingat nama obat itu dengan baik, tetapi apoteker dapat melayani Anda lebih baik dengan resep untuk memastikan bahwa Anda secara sadar membeli obat dengan dosis yang tepat.

2. Mintalah struk atau bukti pembayaran

Mintalah struk setelah Anda selesai, tidak peduli seberapa familiar Anda dengan toko tersebut! Struk atau bukti pembayaran menawarkan beberapa tingkat akuntabilitas atas barang yang dijual. Selain itu, jika asuransi kesehatan Anda mengcover dana kesehatan ini, Anda akan memerlukan kuitansi untuk reimburse-nya.

3. Pahami apa itu bahan aktif

Meskipun bahan aktif yang sama dapat ditemukan dalam obat yang dipasarkan oleh produsen berbeda, tujuan dan penggunaan obat tetap sama. Bahan aktif yang sama mungkin memiliki warna, formulasi, rasa atau kemasan yang sedikit berbeda sesuai dengan produsen yang membuatnya. Jika ragu, selalu hubungi dokter Anda, manfaat lain membawa resep adalah adanya informasi kontak dokter di atas resep obat tersebut.

4. Perhatikan tanggal kedaluwarsa serta tanggal pembuatan

Saat kita terburu-buru untuk melihat tanggal kedaluwarsa, kita sering mengabaikan hal yang begitu jelas, yaitu tanggal pembuatan obat. Produk yang habis masa berlakunya pada Juni 2021 bisa jadi sudah diproduksi dua tahun lalu. Mengingat kondisi iklim atau kondisi penyimpanan, ada kemungkinan obat tidak aman dikonsumsi karena mendekati kadaluwarsa.

5. Jangan lewatkan diskon dan layanan khusus

Apotek sangat mirip dengan gerai ritel mana pun dalam memastikan pengalaman yang baik bagi pelanggan saat berbelanja dengan mereka. Anda mungkin telah memperhatikan penawaran di sebagian besar apotek atau saat memesan obat secara online. Layanan khusus ini mencakup program diskon atau loyalitas untuk pelanggan, pengiriman obat ke rumah secara gratis, dan opsi pembayaran alternatif melalui berbagai pilihan pembayaran online terpercaya. Pastikan Anda tidak melewatkan opsi ini!

6. Bacalah efek samping obat yang Anda beli

Hampir semua obat memiliki efek samping, khususnya bagi orang-orang yang tidak cocok dengan obat-obatan tertentu. Untungnya, sebagian besar efek samping obat-obat yang beredar secara legal di pasaran bersifat ringan dan sementara. Namun, ada baiknya Anda mengetahui efek samping dari setiap obat yang Anda beli, supaya Anda tidak kaget saat efek samping obat tersebut berdampak kepada kesehatan Anda untuk sementara waktu. Di sisi lain, mungkin saja ada obat-obatan tertentu yang dapat memberikan efek samping yang lebih berat terhadap kesehatan Anda. Oleh karena itu, Anda harus selalu membaca efek samping yang tertera pada setiap kemasan obat baru yang Anda beli, supaya Anda paham efek samping apa sajakah yang akan Anda hadapi. Terlebih lagi, sebagian efek samping bisa jadi cukup berbahaya untuk orang-orang dengan penyakit tertentu. Ada baiknya Anda konsultasikan dengan dokter Anda tentang obat-obatan apa saja yang harus Anda kurangi konsumsinya, atau bahkan obat apa saja yang harus Anda hindari demi kesehatan Anda.

Tindakan pencegahan umum

Ada beberapa hal lain yang harus selalu diingat, seperti:

– Jangan pernah menerima obat yang kemasannya tampak rusak atau mengembang.
– Jangan pernah menerima obat-obatan yang tidak terlihat asli atau terlihat rusak.
– Hindari pengobatan dengan resep atau perkiraan sendiri.
– Periksa dosisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *